Bhawana Jaya

Diklat Scraft Putih Angkatan-18

>> Selasa, 01 November 2011

Diklat Scraft Putih anggota baru Pecinta Alam Bhawana Jaya



Tahun ajaran baru tentunya juga adanya anggota baru pecinta alam bhawana jaya. Setelah beberapa bulan melakukan pendidikan dasar Pecinta Alam, saatnya pengesahan anggota baru PA Bhawana Jaya angkatan-18 periode 2011/2012. Diklat ini sendiri bertujuan untuk mengesahkan anggota baru Pecinta Alam Bhawana Jaya dan melatih mental dan fisik anggota baru. Walaupun anggota baru PA Bhawana Jaya yang saat ini berjumlah 13 orang, tetapi mereka sangat antusias mengikuti diklat scraft putih. Semoga saja anggota baru yang hanya berjumlah 13 orang ini tidak tersekleksi oleh alam.
Diklat anggota baru dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu tepatnya tanggal 15-16 Oktober 2011. Tempat diklat sediri di Air Terjun Alap-Alap tepatnya di Tretes, termasuk daerah kaki gunung welirang karena jalurnya sama dengan jalur pendakian Ajuno – Welirang via tretes. Berikut ini adalah perjalanan diklat anggota Baru PA Bhawana Jaya
Pelaksanaan Kegiatan

Sabtu, 15 Oktober 2011

Pukul 13.00 peserta diklat berkumpul di sekolah untuk cheking peralatan dan upacara pemberangkatan. Checking peraralan dan upacara berlangsung selama 1 jam hingga pukul 14.00. Berangkat dari Mojokerto menuju Tretes pukul 15.00 karena telatnya pembina dengan menggunakan kendaraan truk TNI.

Pukul 17.00 peserta sampai di Pos perijinan pendakian Tretes tepatnya di dekat Hotel Surya untuk melakukan registrasi. Kemudian dilanjut berangkat menuju tempat camp tepanya di depan warung pos Pet Bocor. Perjalanan dari pos perijinan menuju lokasi berlangsung selama 1 jam. Sampai di lokasi pukul 18.00.

Pukul 18.00 peserta istirahat selama 5 menit dan kemudian melakukan sholat berjamaah. Setelah sholat berjamaah dilanjut dengan membangun tenda. Tenda yang dibangun sebanyak 7 tenda dan berlangsung selama 2 jam hingga pukul 19.00.

Pukul 19.00 peserta melaksanankan sholat isya berjamaah. Setelah sholat isya tepatnya pukul 19.30 peserta kegiatan menerima materi “Mountaineering, Kode Etik, dan SURVIVAL” dari Kak Nur Hadi pembina PA Bhawana Jaya. Pemberian materi berlangsung selama 1 ½ jam. Sementara peserta mendapat materi, anggota senior mempersiapkan makan malam.


Pukul 21.00 materi telah selesai acara diisi dengan makan malam dan ramah tamah. Makan malam berlangsung selama 30 menit. Pukul 21.30 peserta di persilahkan untuk tidur dan mempersiapkan energi untuk pejelajahan malam.

Minggu, 16 Oktober 2011

Pukul 00.00 peserta dibangunkan untuk penjelajahan malam pamantapan mental menuju pos portal yang jaraknya sekitar 2 km dari lokasi dengan medan yang cukp menajak. Penjelajahan malam dan pemantapan mental berlangsung selama 3 jam sampai pukul 03.00 pagi. Karena adanya peserta yang pingsan, terpaksa peserta diklat diistirahatkan di dalam pos portal dengan tempat seadanya.

Pukul 06.00 peserta kembali meuju lokasi camp untuk makan dan persiapan diklat peyematan scraft menuju Air Terjun Alap-alap. Perjalanan dari pos portal menuju lokasi camp selama 20 menit. Pukul 06.20 peserta sampai di lokasi camp dan kemudian acaa diisi dengan senam pagi yang dipimpin oleh Firdha. Setelah senam acara diisi dengan sarapan pagi bersama.


Pukul 07.00 peserta melakukan packing dan bongkar tenda untuk kegiatan selanjutnya perjalanan menuju air terjun alap-alap.
Pukul 08.00 peserta diberangkatkan menuju air terjun alap-alap untuk diklat pemantapan fisik dan penyematan scraft putih. Perjalanan dari lokasi camp menuju air terjun hingga pukul 11.30. perjalanan sekitar 5 km dengan pembagian 4 pos pengujian materi yang masing-masing pos dijaga oleh 2 orang anggota istimewa. Pos pertama adalah Pos Kode Etik Pecinta Alam yang dijaga oleh Agung dan Akbar, pos kedua adalah pos Lambang Organisasi yang dijaga oleh Faris dan Anjar, pos ketiga adalah pos Mountaineering yang dijaga oleh Adam dan Imam, pos terakhir adalah pos Survival yang dijaga oleh Fajar dan Fahmi. Kemudian perjalanan dilanjut ke Air Terjun.
Sampai di air terjun pukul 11.30. seluruh peserta diwajibkan untuk berendam di air di bawah gerojokan air terjun alap-alap. Kemudian pukul 12.00 peserta melakukan upacara penyematan scraft putih. Penyematan scraft di berikan oleh pembina PA.


Pukul 12.30 peserta pulang . perjalanan dari air terjun kembali ke pos perijinan awal selama 1 jam. Pukul 13.30 peserta sampai di pos perijinan awal untuk makan dan bersih diri.

Pukul 14.00 Pulang kembali menuju Mojokerto tepatnya menuju sekolah SMAN 3 Kota Mojokerto.

Pukul 15.30 sampai di sekolah dan peserta di persilahkan untuk pulang kerumah masing-masing.

itulah singkat cerita perjalanan diklat anggota baru PA Bhawana Jaya. Walaupun sempat ada insisden salah satu peserta yang pingsan pada acaa penjelajahan malam, tetapi alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Insiden pingsannya salah satu anggota disebabkan oleh kurangnya latihan fisik dan kurang siapnya mental.


Sekarang anggota baru yang sudah mendapatkan scraft putih telas sah dan resmi menjadi anggota baru Pecita Alam Bhawana Jaya. Semoga tidak terkena Seleksi Alam. ^_^
Salam Rimba.....Salam Lestari ..... Viva Bhajapala.gobz*

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP